Rabu, 20 Maret 2013

Peran Iptek Dalam Kehidupan Manusia


IAD, ISD, IBD
( RERAN IPTEK DALAM KEHIDUPAN MANUSIA )
O
L
E
H
“Cera Ceria Makalalag (111.2.3.031)”
“Jainudin Timbowo (111.2.3.136)”
“Abdul Latif (111.2.3.55)”

Dosen Pembimbing :
Mutmainah, S.Pd, M.Pd

Sekolah Tinggi Agama Islam Negri (STAIN)
MANADO
2011


BAB I
PENDAHULUAN

Seperti yang kita ketahui, teknologi kini telah menyebar dalam kehidupan. Kebanyakan manusia bahkan dari kalangan atas hingga menengah kebawah sekalipun. Dimana upaya tersebut merupakan cara atau jalan di dalam mewujudkan kesejahteraan dan peningkatan harkat martabat manusia. Atas dasar kreatifitas akalnya, manusia mengembangkan IPTEK dalam rangka untuk mengolah Sumber Daya Alam yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Dimana dalam pengembangan IPTEK harus didasarkan terhadap moral dan kemanusiaan yang adil dan beradab, agar semua masyarakat menikmati IPTEK secara merata. Begitu juga diharapkan Sumber Daya Manusianya bisa lebih baik lagi, apalagi banyak kemudahan yang kita dapatkan.
Namun, berbanding terbalik dengan realita yang ada karena semakin canggih perkembangan teknologi, telah membuat masyarakat menjadi malas yang disebabkan oleh kemudahan-kemudahan yang ada tersebut. Disatu sisi telah terjadi perkembangan yang sangat baik sekali di aspek telekomunikasi, namun pelaksanaan pembangunan IPTEK masih belum merata. Masih banyak masyarakat kurang mampu yang putus harapannya untuk mendapatkan pengetahuan dan teknologi tersebut. Hal itu dikarenakan tingginya biaya pendidikan yang harus mereka tanggung. Maka dari itu, pemerintah perlu menyikapi dan menanggapi masalah-masalah tersebut, agar peranan IPTEK dapat bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang ada.
  Teknologi  mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti teknologi sinonim dengan kebenaran. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan. Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan. Tentu saja iptek tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena iptek tidak pernah bisa menjadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah manusia.
Perkembangan dunia salah satunya ditandai dengan perkembangan IPTEK yang sangat pesat yang selalu memberikan kemudahan dan keleluasaan tanpa batas waktu, ruang dan jarak. Koneksi secara elektronik antar negara, antar kawasan, antar benua bisa dilakukan dengan mudah. Inovasi-inovasi yang dihasilkan berkembang pesat dan mempengaruhi disemua bidang kehidupan manusia. Bidang ekonomi, bidang Hukum, bidang Sosial budaya, bidang Politik, dan bidang Pendidikan tidak pernah lepas dari sirkulasi teknologi. Perkembangan teknologi komunikasi mempengaruhi perkembangan pembangunan suatu bangsa yang mengubah paradigma masyarakat dalam mencari dan menemukan informasi yang tidak terbatas melalui media sederhana tetapi juga melalui media teknologi tinggi sebagai sumber informasi.
Salah satu bidang yang mendapatkan dampak yang cukup berarti dengan perkembangan teknologi komunikasi adalah bidang pendidikan, dimana pada dasarnya pendidikan merupakan suatu proses komunikasi dan informasi dari pendidik kepada peserta didik yang berisi informasi-informasi pendidikan, yang memiliki unsur-unsur : pendidik sebagai sumber informasi, media sebagai sarana penyajian ide, gagasan dan materi pendidikan serta peserta didik sebagai pembelajar. Dengan perkembangan ini juga mempengaruhi perubahan penyelenggaraan pendidikan nasional di Indonesia, sehingga sudah sepatutnya pendidikan nasional dilaksanakan secara kondusif sebagai salah satu tuntutan zaman dengan segala perkembangannya, dan membawa kita ke arah globalisasi yang menuntut kita untuk terus mengembangkan Sumber daya Manusia.

















BAB II
PEMBAHASAN

PERAN IPTEK DALAM KEHIDUPAN MANUSIA
Dalam kehidupan manusia tidak terlepas dari Ilmu  Pengetahuan dan Ilmu Terapannya  berupa  teknologi dalam berbagai bidang. Misalnya sejak dalam kandungan manusia mendapat perawatan secara medis melalui pemeriksaan berkala di Balai Kesejahteraan Ibu dan Anak atau puskesmas. Setelah lahir mendapat vaksinasi untuk memperoleh kekebalan terhadap berbagai macam penyakit, bila sakit mendapat pemeriksaan dokter dan memperoleh obat, dan sebagainya. Ilmu kedokteran dan Ilmu farmasi (obat-obatan) adalah merupakan cabang dari biologi sebagai ilmu terapan. Pakaian, jam tangan, ball point atau pulpen yang kita pakai adalah hasil dari teknologi. Ilmu Pengetahuan  murni memang tidak mempunyai peranan dalam kehidupan manusia secara langsung, tetapi antara ilmu murni dan Ilmu terapan (teknologi) mempunyai hubungan yang erat. Dari konsep atau prinsip ilmu murni dapat dikembangkan dalam ilmu terapan, sebaliknya teknologi atau ilmu terapan memberikan sumbangan dari penemuan-penemuannya kepada prinsip atau hukum-hukum baru dan seterusnya.
Memang pada umumnya antara Ilmu Pengetahuan dan teknologi itu tidak selalu memiliki kaitan, misalnya dahulu manusia membuat perahu untuk memenuhi kebutuhannya belum                                                                                                 mengenal teknologi membuat perahu. Tapi dalam zaman modern ini, untuk membuat kapal, orang harus menguasai ilmu murni, tentang hukum Archimedes dan dapat mengarungi lautan.
Ilmu pengetahuan merupakan sesuatu yang dimiliki oleh setiap manusia yang hidup di dunia ini. Dari zaman dahulu hingga sekarang manusia sudah memiliki akal pikiran untuk berfikir, bertahan hidup, dan menciptakan sesuatu yang dapat memudahkan proses hidup manusia. Manusia merupakan makhluk yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk lain yang hidup di dunia ini. Manusia memiliki akal sehat dan pikiran sehingga dapat dimanfaatkan untuk sesuatu yang berguna dan bermanfaat.
Sejak zaman dahulu sudah banyak manusia yang berusaha menciptakan sesuatu yang dapat memudahkan pekerjaan. Contoh,  sesuatu yang telah ditemukan oleh manusia dan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia saat ini adalah listrik. Pada saat ini listrik merupakan kebutuhan pokok untuk manusia. Karena segala sesuatu saat ini membutuhkan sumber daya listrik. Segala alat yang telah dibuat dan listrik yang telah ditemukan merupakan salah satu perkembangan ilmu pengetahuan teknologi yang berhasil dikembangkan oleh manusia untuk membantu atau membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Tentu dari semua alat dan segala sesuatu yang telah diciptakan tidak begitu saja jadi seketika. Para ilmuan berusaha keras melakukan eksperimen dan penelitian sehingga segala sesuatu dapat ditemukan dan dapat diciptakan. Dan hasil ciptaan mereka pun sangat berguna hingga saat ini.
Namun perkembangan teknologi saat ini tidak hanya memiliki nilai positif, tetapi juga memiliki nilai negatif. Mungkin dari segi positif perkembangan teknologi saat ini dapat memudahkan pekerjaan manusia. tetapi dari segi negatifnya manusia akan menjadi seseorang yang lebih pemalas, misalkan dalam segi kendaraan, mungkin kendaraan sangat berguna dalam kehidupan manusia dan fungsi kendaraan adalah untuk mengantar kita ke tempat tujuan kita dengan cepat dan lebih menghemat waktu tetapi kendaaraan yang menggunakan tenaga fosil akan mengeluarkan gas sisa hasil proses pembakaran dan dibuang ke udara bebas. Jika banyak manusia yang menggunakan kendaraan maka udara di dunia akan menjadi tidak sehat. Begitu juga pembangkit listrik, walaupun listrik sangat berguna untuk kehidupan kita sehari-hari karena peralatan kerja kita rata-rata menggunakan listrik tetapi tempat pembangkit listrik ada yang menggunakan batu bara dan fosil, hal ini sama dengan kendaraan yang dapat merusak lingkungan.
Peranan Ilmu pengetahuan dan teknologi secara garis besar akan diulas sebagai berikut :
v  Materi
Manusia dalam hidup ini memerlukan materi, baik yang biotis dari bahan benda hidup berupa protein, maupun materi non biotis mulai dari gas oksigen sampai benda-benda yang kita pakai sehari-hari. Benda-benda itu merupakan hasil olahan melalui teknologi, misalnya materi zat besi dapat menjadi kendaraan atau benda lainnya.

v  Energi
Dalam kehidupan manusia modern penggunaan energi makin meluas, tak terkecuali dalam industri, transportasi, juga menyangkut dalam rumah tangga, mulai dari kompor sampai penggunaan energi listrik untuk AC ( Air Conditioner). Energi itu berwujud dalam berbagai bentuk yakni dalam bentuk panas, gerak (mekanik), cahaya, kimia energi nuklir dan sebagainya. Disamping itu energi dapat berubah-ubah bentuk. Energi dalam bentuk panas, misalnya, dapat berubah menjadi energi bentuk lain, yakni menjadi energi mekanik. Perubahan ini terjadi dengan jalan mengubah air menjadi uap.
Energi yang banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari yaitu energi listrik, dan energi nuklir yang akhir-akhir ini banyak dipakai di Negara-negara maju.
v  Mesin
Dalam industri dan transportasi digunakan berbagai mesin, dan mesin itu dapat dibedakan berdasarkan dengan pemakaian bahan bakar atau energi yang dipakai, yaitu :
a)      Mesin Premium
b)      Mesin Diesel
c)      Mesin Uap
d)     Mesin Jet
v  Komunikasi
Berkomunikasi merupakan salah satu kebutuhan manusia. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, telah menyumbangkan kepada kita media cetak, telegrafi, telepon, radio, dan televisi.
Dunia pada tahun 1962 dikejutkan oleh penemuan baru berupa siaran TV dan radio melalui angkasa luar, atau tegasnya melalui satelit buatan. Dengan komunikasi melalui satelit ini maka hubungan antar manusia seluruh dunia ini menjadi makin mudah. Inilah perkembangan dunia komunikasi atau khususnya telekomunikasi massa saat ini sebagai berikut :

a)      Percetakan
b)      Telegrafi
c)      Telepon
d)     Radio
e)      Bioskop atau Gambar Hidup
f)       Televisi
g)      Satelit Komunikasi
h)      Internet (E-Mail dan Jejaring Sosial)
v  Bioteknologi
Dalam rangka memenuhi dan meningkatkan mutu kebutuhan hidup, manusia memanfaatkan biologi terapan yang digabungkan dengan teknologi modern sehingga tercipta ilmu baru yang terkenal dengan Bioteknologi.
Macam-macam bioteknologi :
a)      Bioteknologi Kedokteran
b)      Bioteknologi Farmasi
c)      Bioteknologi Pertanian
d)     Bioteknologi Peternakan
Hasil teknologi telah merasuk dalam kehidupan sehari-hari sedemikian rupa, sehingga orang menganggapnya sebagai sesuatu yang lumrah. Orang tidak lagi mempertanyakan bagaimana suatu alat pertama kali diketemukan dan bagaimana alat tersebut sampai dapat bekerja demikian.
Jika dahulu orang harus menempuh jarak antara Jakarta-London dalam waktu beberapa tahun,  kini dapat ditempuh dalam waktu 20 jam saja. Seorang anak Jakarta dapat berbicara denga Ayahnya yang berada di Hongkong dengan hanya mengangkat gagang telepon dan membayar beberapa ribu rupiah. Dengan menggunakan komputer, orang akan dapat mengerjakan/mengoreksi suatu pekerjan dengan cepat dan tepat, apalagi dengan laptop yang bisa dibawa kemana saja. Pada bidang energi, manusia dapat memecahkan masalah dengan memanfaatkan sinar matahari untuk membangkitkan tenaga listrik secara langsung, dan masih banyak lagi contoh yang lain, Misalnya :
·         Dengan telah diketemukan alat komunikasi telepon orang dapat mudah berkomunikasi dengan orang lain walaupun jaraknya sangat jauh.
·         Adanya alat-alat transportasi yang lebih canggih, maka orang akan lebih cepat dan lebih aman dalam perjalanan jarak jauh, juga orang telah dapat menjelajahi antariksa.
·         Dengan menggunakan computer / laptop, orang akan dapat mengerjakan, mengoreksi suatu pekerjaan secara cepat dan tepat.
Lebih dari itu, teknologi membawakan pemerataan. Misalnya bila zaman dahulu hanya orang-orang tertentu saja yang dapat menikmati hasil karya seniman musik terkenal, kini dapat dikatakan semua orang dapat menikmatinya dimanapun dia berada. Berkat kemajuan dalam bidang percetakan, maka lebih banyak orang yang dapat membaca buku atau karangan-karangan bermutu.
Tetapi harus diingat bahwa semua itu tidak diperoleh dengan begitu saja tanpa pengorbanan. “Prof. Dr. Habibi, Menteri Negara Riset dan Teknologi Indonesia, pernah berkata bahwa teknologi selalu bersifat ambivalen, disamping segi positif ia memperlihatkan pula segi-segi negatif”. Oleh karena itu selain kita bersedia menerima keuntungan yang tak terhingga dengan adanya hasil-hasil penemuan teknologi, maka kita juga harus mempersiapkan diri untuk menerima akibat yang negatif.
Setelah teknologi menempuh perkembangan amat pesat sejak dahulu hingga sekarang menyilaukan mata manusia, kini benar-benar orang mulai mempersoalkan akibat-akibat yang dibawa teknologi pada peradaban manusia sebagai keseluruhan, baik benturan teknologi terhadap nilai-nilai kemanusiaan, akibat-akibat fisik maupun benturannya terhadap tata lingkungan sebagai keseluruhan. perkembangan iptek dapat mendatangkan kemakmuran materi. Adanya perkembangan iptek timbulah cabang ilmu pengetahuan baru antara lain :
o   Teknik modern yang terdiri dari teknik kimia, teknik sipil, teknik nukleur, teknik listrik, teknik mekanik.
o   Teknologi hutan
o   Teknologi gedung
o   Matalurgi
o   Teknologi transportasi dll
Perkembangan Iptek dapat mendatangkan kemudahan hidup. Sudah menjadi sifat kebanyakan manusia bila telah terpenuhi satu keinginan maka akan timbul keinginan yang lain atau keinginan kelengkapan dari apa yang telah dicapai. Dan setiap orang tidak ingin mengalami kesulitan, apalagi mengulangi kesulitan yang pernah dialami, tetapi setiap orang akan berusaha dalam setiap langkah untuk mendapatkan kemudahan. Usaha untuk mendapatkan kemudahan hidup antara lain dengan penerapan perkembangan Iptek. Misalnya :
o   Dengan teknik modern orang dapat mengendalikan air sungai , dengan membuat bendungan saluran primer, dan saluran sekunder. Dari pengaturan tersebut petani mendapatkan kemudahan dalam memperoleh air. Selain untuk pertanian bendungan juga dapat di manfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik sehingga masyarakat memperoleh kemudahan mendapatkan energi.
Dengan teknik-teknik modern telah dibuat bermacam-macam alat yang dapat meringankan pekerjaan seseorang, Misalnya dengan adanya kalkulator dapat mempermudah orang untuk berhitung, adanya mesin cuci, adanya kompor gas, kulkas, dan alat rumah tangga lainnya sehingga mempermudah ibu-ibu rumah tangga dalam melaksanakan tugasnya.
o   Dengan teknik modern dapat dibuat bermacam-macam media pendidikan, seperti OHP, slide, film strip, TV, tape recorder dan lain-lain yang dapat mempermudah para pendidik dalam melaksanakan tugasnya.
o   Dengan teknik modern dapat dibuat bermacam-macam alat transportasi seperti kapal terbang, kapal laut, alat transportasi darat (Mobil, motor, sepeda dsb)
o   Dengan teknik modern juga dapat dibuat bermacam-macam alat komunikasi seperti pesawat telepon, telegram, satelit, radio, TV, CB dan lain sebagainya.
Alat-alat tersebut dapat mempermudah berbagai bidang kegiatan baik yang bersifat dinas maupun swasta. Dan masih banyak lagi contoh lain usaha yang dapat dilakukan oleh manusia untuk memanfaatkan perkembangan Iptek untuk mendapatkan kemudahan.
            Perkembangan Iptek dapat membuka banyak lapangan pekerjaan baru, dimana sumber daya manusia dapat berperan, baik tenaga maupun pikiran. Perkembangan Iptek dapat menaikkan kualitas sumber daya manusia ( Keterampilan dan kecerdasan manusia )
























BAB III
KESIMPULAN

Memperhatikan perkembangan dan kemajuan zaman dengan sendirinya pemanfaatan dan penguasaan IPTEK mutlak diperlukan untuk mencapai kesejahteraan bangsa. Visi dan misi IPTEK dirumuskan sebagai panduan untuk mengoptimalkan setiap sumber daya IPTEK yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun manusia tidak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia.
Perkembangan teknologi yang sudah maju saat ini diharapkan dapat menjadikan manusia yang lebih berkualitas dan bermanfaat dan dapat melestarikannya agar kita selalu nyaman tinggal di bumi ini.
Janganlah kita menyalah gunakan perkembangan teknologi karena ilmu-ilmu pengetahuan teknologi merupakan salah satu karunia Allah SWT yang telah diberikan kepada  manusia agar dapat manfaatkan sebaik-baiknya dan dapat berguna untuk kita semua.
Semakin maju pengetahuan teknologi maka itu merupakan salah satu cerminan kemampuan Intelektual manusia yang semakin memiliki nilai kualitas yang baik dan juga berkembang.
Manusia akan selalu mengembangkan teknologi yang sudah ada agar selalu dapat lebih berguna dan semakin efisien. Karena manusia memiliki sifat yang tak pernah puas dengan apa yang telah dia miliki.
Sesuatu hal jika memiliki nilai positif maka pasti dia akan memiliki nilai negatif pula tetapi nilai negatif tersebut harus kita tekan seminimal mungkin agar sesuatu tersebut menjadi lebih bermanfaat.

DAFTAR PUSTAKA

Ø  Drs.H.Abu Ahmadi dan Ir.A.Supratmo; Ilmu Alamiah Dasar,Rineka cipta,Jakarta.2008
Ø  Drs.Maskoeri Jasin; Ilmu Alamiah Dasar, Rajawali Pers.Jakarta 2009
Ø  Drs.Abdullah Aly dan Ir.Eny Rahma, PTBumi, Jakarta 1332m.
Ø  http://emperordeva.wordress.com/aboutmakalah/perananiptek.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar